SNMPv1-(Simple Network Management Protocol)

Simple Network Management Protocol (SNMP) adalah sebuah protokol jaringan berbasis UDP. Protokol SMNP ini banyak digunakan dalam network management systems untuk memonitor perangkat jaringan agar berjalan dengan baik. SNMP merupakan salah satu komponen dari Internet Protokol Suite yang sebagai telah didefinisikan dalam Internet Engineering Task Force (IETF). SNMP ini mengandung satu set standar untuk network management, termasuk protocol layer aplikasi, skema database, dan set objek data.

· Arsitektur SNMP

Model arsitektur SNMP adalah kumpulan jaringan manajemen stasiun dan elemen jaringan. Manajemen jaringan stasiun mengeksekusi aplikasi manajemen yang memantau dan mengendalikan elemen jaringan. Jaringan elemen adalah perangkat seperti host,gateway, terminal server, dan sejenisnya, yang membuat manajemen agen bertanggung jawab untuk melakukan fungsi manajemen jaringan bilamana diminta oleh jaringan stasiun manajemen.

SNMP digunakan untuk mengomunikasikan informasi manajemen diantara jaringan stasiun manajemen dan agen-agen di elemen jaringan.

· Tujuan Arsitektur SNMP

Secara eksplisit arsitektur SNMP bertujuan untuk meminimumkan jumlah dan kompleksitas manajemen fungsi dengan disadari oleh manajemen agen itu sendiri. Tujuan ini setidaknya terbagi atas empat hal:

1. Biaya pengembangan untuk perangkat lunak manajemen agen berkurang

2. Tingkat fungsi manajemen dari jarak jauh meningkat, sehingga sepenuhya dapat menggunakan sumber daya internet dalam tugas manajemen.

3. Tingkat fungsi manajemen yang medukung penggunaan dari jarak jauh meningkat, sehingga memungkinkan terdapat pembatasan sesedikitnya pada bentuk dan kecanggihan alat manajemen.

4. Kumpulan fungsi manajemen yang sederhana dapat mudah dimengerti dan digunakan oleh pengembang peralatan manajemen jaringan

Tujuan kedua protokol ini adalah supaya fungsi paradigma untuk pemantauan dan pengendalian dapat cukup diperluas untuk mengakomodasi tambahan-tambahan yang mungkin tak terduga pada aspek operasi jaringan dan manajemen.

Tujuan ketiga adalah supaya arsitektur bisa sebanyak mungkin memandirikan arsitektur dan mekanisme dari host atau gateway tertentu.

· Elemen Arsitektur

Arsitektur SNMP mengartikulasikan sebuah solusi dalam masalah manajemen jaringan dalam hal:

1. Ruang lingkup informasi yang dikomunikasikan oleh manajemen protokol,

2. Representasi informasi manajemen dikomunikasikan oleh protokol tersebut,

3. Mengoperasikan informasi manajemen yang didukung oleh protokol,

4. Bentuk dan makna dari pertukaran di antara manajemen,

5. Definisi hubungan administrasi di antara manajemen,

6. Bentuk dan makna referensi terhadap manajemen informasi

· Spesifikasi Protokol

Protokol manajemen jaringan adalah sebuah protokol aplikasi dengan variabel dari agen MIB (Management Information Base) bisa diperiksa atau diubah.

Komunikasi antar entitas protokol ini dicapai pertukaran pesan dimana masing-masing diwakili seluruhnya dan mandiri di dalam satu datagram UDP tunggal yang menggunakan aturan pengkodean dasar ASN.1. Sebuah pesan terdiri dari versi identifier, nama komunitas SNMP, dan protocol data unit (PDU). Sebuah entitas protokol menerima pesan di port UDP 161 pada host yang berkaitan dengan semua pesan, kecuali bagi laporan yang berisi perangkap, yaitu semua pesan selain yang menyimpan Trap-PDU). Pesan yang melaporakan perangkap harus diterima pada UDP port 162 untuk pengolahan lebih lanjut. Sebuah implementasi dari protokol ini tidak harus menerima pesan yang panjangnya melebihi 484 oktet. Namun, direkomendasikan supaya implementasinya mendukung datagrams yang lebih besar jika mungkin.

Sudah sebuah kewajiban untuk semua implementasi SNMP mendukung lima PDU.

· PDU(Protocol Data Unit ) SNMP

PDU merupakan unit data yang terdiri atas sebuah header dan beberapa data yang ditempelkan. Analogi dari PDU seperti sebuah benda yang mengandung variabel-variabel. Variabel ini memiliki nama dan nilai. Protokol SNMP menggunakanan operasi yang relatif sederhana dan PDU dalam jumlah terbatas untuk menjalankan fungsinya. Lima PDU yang telah didefinisikan dalam standart adalah sebagai berikut : Get Request, Get-Next Request, Get Response, Set Request, Trap.

· Struktur Informasi dalam SNMP

Informasi dalam SNMP disimpan dalam bentuk variabel -variabel yang didefinisikan dalam MIB. Ada variabel yang berjenis teks, bilangan bulat atau integer, waktu, dan sebagainya. Jenis-jenis ini juga telah didefinisikan ke dalam beberapa tipe data atau variabel.

SNMP versi 1 (SNMPv1) adalah awal dari implementasi protokol SNMP. SNMPv1 mengoperasikan banyak protokol seperti User Datagram Protocol (UDP), Internet Protocol (IP), OSI Connectionless Network Service (CLNS), AppleTalk Datagram-Delivery Protocol (DDP), dan Novell Internet Packet Exchange (IPX). SNMPv1 digunakan secara luas dan merupakan de facto protokol manajemen jaringan di komunitas Internet.

Versi 1 telah dikritik karena lemahnya keamanan. Otentikasi klien hanya dilakukan oleh “community string”, dalam efek jenis password, yang ditransmisikan dalam cleartext. Rancangan '80-an dari SNMP V1 dilakukan oleh sekelompok kolaborator yang dilihat secara resmi disponsori OSI / IETF / NSF (National Science Foundation) effort (HEMS / CMIS / CMIP) karena keduanya unimplementable dalam platform penghitungan waktu serta berpotensi tidak bisa dijalankan. SNMP disetujui berdasarkan keyakinan bahwa itu adalah protokol interim yang diperlukan untuk mengambil langkah-langkah terhadap penyebaran skala besar dari Internet dan komersialisasi. Pada waktu itu Internet-standard authentication/security adalah sebuah mimpi dari focused protocol design groups.

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Menabung Saham

Konversi Desimal ke Heksadesimal -Turbo Assembler