Pendaftaran Haji di Kabupaten Bekasi

Ibadah haji merupakan salah satu rukun islam. Sebagai orang muslim, pasti ingin sekali melaksanakan ibadah tersebut. Di Indonesia, antrian untuk pergi haji sudah sangat panjang. Jika daftar tahun 2018, waktu keberangkatannya bisa di tahun 2036. Ini yang dialami oleh Saya dan istri.

Setelah menabung cukup lama, pada bulan Januari 2018, Saya dan istri melakukan pendaftaran ibadah haji. Pendaftaran nya cukup mudah.
  • Membuka rekening tabungan di Bank penerima setoran biaya perjalanan ibadah haji (BPS BPIH). Cukup banyak pilihannya. Saya sendiri membuka rekening di Bank Mandiri Syariah. Karena lokasi nya yang dekat dengan rumah dan tempat kerja saya.
     
  • Gambar diatas adalah syarat-syarat dokumen yang diperlukan dan yang akan diserahkan ke Kementerian Agama. Untuk catatan, Pas foro harap ditambahkan 5 lembar ukuran 3x4, dan 1 lembar ukuran 4x6. Pas foto ini akan diminta juga oleh pihak bank. Dan untuk foto copy KTP, harap diperbesar menjadi ukuran setengah A4.
  • Jika uang sudah mencukupi untuk daftar (Rp. 25.000.000). Kita ke Bank lagi, untuk meminta nomor validasi. Nomor validasi ini nantinya akan dibawa sebagai syarat mendaftar di Kementerian Agama. Proses ini tidak lama, kita hanya diminta isi formulir pernyataan dan tanda tangan diatas materai 6000. Disini kita memerlukan materai sebanyak 2 buah untuk tiap orangnya. Kita bisa membawa dari rumah atau bisa beli juga di Bank tersebut.
  • Jika semua dokumen diatas sudah lengkap, kita langsung saja pergi ke Kementerian Agama Kabupaten Bekasi. Letaknya di Deltamas, belakang Mesjid Pemda Kab.Bekasi.
  • Nanti dokumen dokumen tersebut diminta dimasukan ke dalam Map file snel hekter. Bagi yang belum bawa, Map ini dijual juga di toko foto copy dekat Kantor Kementerian Agama.
  • Di Kantor itu, Kita diminta isi surat pernyataan lagi, dan dibutuhkan 1lembar materai 6000  tiap orang.
  • Setelah isi surat pernyataan, kita hanya menunggu untuk Foto dan sidik jari. Dan setelah diambil foto dan sidik jari, kita menunggu lagi Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH). Di SPPH ini terdapat nomor porsi. Nomor Porsi ini bisa kita gunakan untuk mengecek perkiraan kapan kita akan berangkat haji. Buka link untuk cek. Pengalaman Saya, nomor porsi kita baru bisa cek ke esokan harinya di website tersebut.
Saat setelah mendaftar dan mengecek perkiraan berangkat, saya agak kaget. Karena Saya dan istri diperkirakan berangkat pada Tahun 2036. Bukan waktu tunggu yang sebentar. Sekian sharing dari Saya, semoga kita semua dapat menunaikan ibadah haji. Aamiin.

Comments

Popular posts from this blog

SNMPv1-(Simple Network Management Protocol)

Tutorial Menabung Saham

Konversi Desimal ke Heksadesimal -Turbo Assembler